Selasa, 19 Mei 2020

Soal dan Pembahasan Tentang Sejarah Matematika

1. Siapakah nama matematikawan yang diketahui sebagai bapak geometri ?
jawaban :
Matematikawan yang dikenal sebagai bapak geometri adalah Euclide. Euclides menulis 13 jilid buku tentang geometri. Dalam buku-bukunya ia menyatakan aksioma (pernyataan-pernyataan sederhana) dan membangun semua dalil tentang geometri berdasarkan aksioma-aksioma tersebut.

2. Apakah yang dimaksud dengan aksioma ?
jawaban :

Aksioma adalah sebuah pernyataan dimana pernyataan yang kita terima sebagai suatu kebenaran dan bersifat umum, seta tanpa perlu adanya pembuktian dari kita. Bisa juga dikatakan adalah sebuah ketentuan yang pasti atau mutlak kebenarannya.

3. Jelaskan tentang maksud dari Postulat!
jawaban : 
Postulat adalah sebuah pernyataan matematika yang disepakati benar tanpa perlu adanya pembuktian. Sebagian orang mengatakan Postulat = Aksioma sehingga mereka dapat dipertukarkan, karena didalam suatu materi terkadang telah ditentukan pernyataan yang telah disepakati kebenarannya, sehingga disebut Aksioma.

Misalnya adalah didalam Geometri Insidensi telah disepakati ada 6 pernyataan yang menjadi acuan dan dikenal sebagai 6 aksioma Insidensi, dan berbeda lagi dengan Geometri Euclid.

Misalnya seperti aksioma diatas, "Garis adalah himpunan titik-titik yang memuat paling sedikit dua titik" dan ini merupakan salah satu dari 6 aksioma Insidensi dalam Geometri.

4. Apa itu teorema ?
jawaban :
Teorema adalah suatu pernyataan matematika yang masih memerlukan pembuktian dan pernyataanya dapat ditunjukkan nilai kebenarannya atau bernilai benar.

Misalnya adalah "Jika dua sudut masing-masing sudut siku-siku maka kedua sudut itu konkruen", dan "Jika dua sudut masing-masing besuplemen dengan suatu sudut (yang sama) maka mereka konkruen".

5. Siapakah matematikawan yang dikenal sebagai bapak aljabar ?
jawaban :
Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī (bahasa Arabمحمد بن موسى الخوارزمي‎)

6. Apakah yang dimaksud dengan konjektur ?
jawaban :
Sedangkan Konjektur adalah sebuah pernyataan yang mana nilai kebenarannya tidak atau belum kita ketahui. Dan setelah pembuktian berhasil kita lakukan, maka secara langsung konjektur berubah menjadi sebuah Teorema.

Misalnya adalah "Setiap bilangan bulat genap yang lebih besar dari dua dapat ditulis sebagai jumlah dari dua bilangan prima"

7. Apa yang dimaksud dengan lemma?
jawaban :
Lemma adalah suatu teorema sederhana yang mana dipergunakan sebagai hasil-antara dalam pembuktian teorema yang lain.

8.Siapakah penemu logaritma?
jawaban :
Jhon Napier

9. Sebutkan manfaat mempelajari matematika!
jawaban :
a. pola fikir sistematis
b logika berfikir lebih berkembang
c. terlatih berhitung
d. mampu menarik kesimpulan secara deduktif
e. menjadi teliti, cermat dan sabar

10. Siapakah yang menemukan angka nol ?
jawaban :  
Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī (bahasa Arabمحمد بن موسى الخوارزمي‎)

11. Apakah yang dimaksud dengan integral ?
jawaban :
Integral adalah kebalikan dari proses diferensiasi. Integral ditemukan menyusul ditemukannya masalah dalam diferensiasi dimana matematikawan harus berpikir bagaimana menyelesaikan masalah yang berkebalikan dengan solusi diferensiasi. Lambang integral adalah ʃ. Integral terbagi dua yaitu  integral tak tentu dan  integral tertentu. Bedanya adalah integral tertentu  memiliki batas atas dan batas bawah. Integral tak tentu tidak memiliki batas atas dan batas bawah dan biasanya dipakai untuk mencari volume benda putar dan luas.

12. kapankah pythagoras lahir dan kapan pula ia meninggal ?
jawaban :
pythagoras lahir sekitar tahun 570 SM dan meninggal sekitar tahun 495 SM

13. Apakah ajaran yang paling dikemukakan oleh Pythagoras?
jawaban :
Ajaran yang paling jelas dikemukakan oleh Pythagoras adalah metempsikosis, yaitu keyakinan bahwa setiap jiwa itu abadi, dan setelah kematian, jiwa tersebut akan masuk ke tubuh yang baru. Ia mungkin juga merupakan penggagas doktrin musica universalis, yang menyatakan bahwa planet-planet bergerak sesuai dengan persamaan matematika, sehingga menghasilkan simfoni musik yang tak terdengar. Para ahli masih memperdebatkan apakah beberapa ajaran numerologi dan musik yang dikaitkan dengan nama Pythagoras itu benar-benar dikembangkan olehnya atau merupakan ciptaan pengikutnya setelah ia meninggal, khususnya Filolaos dari Kroton. Setelah Kroton berhasil mengalahkan tetangganya Sibaris sekitar tahun 510 SM, para pengikut Pythagoras berkonflik dengan para pendukung demokrasi, alhasil gedung pertemuan kaum pythagoreanis dibakar. Pythagoras mungkin gugur selama peristiwa ini atau lolos ke Metapontum dan menjemput ajalnya di tempat tersebut.


14. Mengapa Thales mendapat geral sebagai bapak Filsafat?
jawaban :

Karena dia adalah orang yang mula-mula berfilsafat. Sebelum Thales, pemikiran Yunani dikuasai dengan cara berfikir mitologis dalam menjelaskan segala sesuatu.Pemikiran Thales dianggap sebagai kegiatan berfilsafat pertama karena mencoba menjelaskan dunia dan segala gejala-gejala yang ada di dalamnya tidak bersandar pada mitos melainkan pada rasio manusia. Thales mengajukan pertanyaan yang amat mendasar, yaitu “Apa sebenarnya bahan alam semesta ini?” dan ia sendiri menjawab air. Karena pertanyaannya itulah yang mengangkat Thales menjadi filosof pertama di dunia.

15. kapan dan dimanakah matematikawan yang bernama Thales dilahirkan?
jawaban :

Thales lahir pada  624 SM, di kota kecil Miletus yang terletak di pantai barat Asia Kecil, yang sekarang disebut Turki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar